Arrivederci Italia!

Arrivederci Italia!

BD - Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia (PD) 2018 di Rusia tahun depan. Azzurri menyerah dari tim kejutan Swedia 1-0 secara aggregate.

Di pertandingan leg kedua yang berlangsung di San Siro, dinihari tadi, pasukan Gian Piero Ventura bermain imbang tanpa gol. Sementara di pertemuan pertama Swedia mencuri kemenangan lewat gol tunggal Jacob Johansson.

Ini merupakan kegagalan pertama Italia sejak terakhir 1958. Kegagalan Gianlugi Buffon dkk menembus tembok tebal Swedia dalam 180 menit adalah sebuah ironi.

Betapa tidak? Italia yang biasanya terkenal dengan grendel-nya, kali ini justru dibikin pusing dalam menghadapi pertahanan kokoh ala viking yang digalang oleh Victor Nilsson Lindeloef dkk.

Dalam laga yang baru saja kelar, Ciro Immobile dkk hanya melepaskan dua tembakkan ke arah gawang Swedia yang dikawal Robin Olsen.

Crossing-crossing yang dilepaskan dua wing Matteo Darmian dan Antonio Candreva dengan mudah dihalau oleh barisan pertahanan Swedia yang punya postur menjulang.

Di detik-detik terakhir, portiere Buffon malah sempat naik ke atas menyambut 'bola mati' guna mencari gol penyeimbang. Namun hingga wasit asal Spanyol Antonio Mateu meniupkan peluit panjang keajaiban itu tak jua muncul.

Bagi Gigi Buffon ini jelas merupakan farewell yang buruk mengingat kapten Juve ini berencana pensiun bersama timnas di PD tahun depan.

Namun apa daya? Swedia membuktikan mereka lebih pantas melaju ke Rusia meski nyaris tanpa pemain bintang.

Usai memastikan lolos para pemain Swedia berhamburan lari ke segala arah untuk merayakan keberhasilan ini. Ada yang menuju bangku penonton, lari ke arah fans di tribun dan ada yang berlari serampangan karena kegiranan bukan kepalang.

Bagi Swedia ini menjadi capaian terbaik mereka setelah absen di dua edisi sebelumnya. Terakhir mereka mencicipi megahnya panggung PD yakni pada 2006 di Jerman. 

Arrivederci Italia!

 

Berita Terkait