Negara Berpenduduk 1/750 Indonesia Itu Lolos ke PD untuk Pertama Kali
KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018

Negara Berpenduduk 1/750 Indonesia Itu Lolos ke PD untuk Pertama Kali

BD - Besar atau kecil bukan melulu soal kuantitas! Yang lebih penting adalah bagaimana memaksimalkan sumber daya yang ada dengan semangat, ketekunan, kecerdasan dan kreatifitas.

Itu mungkin pelajaran yang bisa kita ambil dari keberhasilan Islandia -negara berpenduduk HANYA 332.529 jiwa atau setara 1/750 penduduk Indonesia, yang baru saja memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia (PD) 2018 di Rusia.

Di matchday terakhir mereka menang 2-0 dari negara termuda peserta Kualifikasi zona UEFA, Kosovo. Hasil positif ini mematok mereka di puncak klasemen akhir Grup I dengan koleksi 22 poin. Diikuti Croatia dengan 22 angka.

Pencapaian ini membuat Islandia menorehkan rekor anyar sebagai negara dengan penduduk terkecil di dunia yang lolos ke PD. Rekor sebelumnya dipegang Trinidad and Tobago yang berpenduduk 1.3 juta jiwa saat berpartisipasi di PD 2006 Jerman.

Keberhasilan Islandia sebenarnya tidak terlalu mengejutkan KALAU dikaitkan dengan kerja keras mereka selama ini. Di edisi sebelumnya, mereka hanya sejengkal lagi untuk lolos ke PD 2014.

Sayang kala itu langkah Gylfi Þór Sigurðsson dkk (ironisnya) dihentikan Croatia pada babak play-off. Namun mereka menolak untuk menyerah. Mimpi itu tetap senantiasa selalu mereka pupuk!

Tanda-tanda anak-anak Viking bakal sukses sebenarnya sudah terlihat ketika berhasil menembus putaran final Euro 2016 di Perancis.

Kala itu Islandia malah mampu membalikkan ramalan banyak orang dengan lolos ke babak knockout dan melanjutkan dongeng mereka dengan menjungkalkan raksasa Inggris. Langkah tim berjuluk 'Our Boys' ini hanya terhenti oleh tuan rumah Perancis.

Kini dongeng negara mungil ini terus berlanjut dengan sukses bertarung di kompetisi paling elit di muka bumi: PIALA DUNIA! Panggung di mana semua mata di dunia akan tertuju ke 12 stadion dan 11 kota di negara bernama Rusia selama sebulan mulai Juni hingga Juli mendatang!

Terlepas dari apapun hasil di Piala Dunia nanti, 332.529 manusia berpaspor Islandia sangat patut tersenyum dan bergembira. Mereka boleh merayakan 'milestone' ini ibarat baru saja memenangi dua PD beruntun.

Syukur-syukur bisa membuat kejutan dengan lolos ke babak knockout dan mengalahkan tim besar seperti yang mereka lakukan di Euro tahun lalu.

Kalau tidak, mereka setidaknya sudah memberikan pesan penting buat timnas kita: JUMLAH PENDUDUK BUKAN MENENTUKAN KESUKSESAN SEBUAH NEGARA!

 

@harispardede

Berita Terkait