VdV Gantung Sepatu

VdV Gantung Sepatu

BD – Tepat pada 18 tahun perjalanan karirinya, Rafael van der Vaart memutuskan untuk gantung sepatu. Gelandang 35 tahun itu mantap untuk meninggalkan klub Denmark, Esbjerg fB setelah mengalami cedera di tempat latihan.

Meskipun baru bergabung pada bulan Agustus, pemain yang akrab disapa VdV itu menolak berada di daftar gaji klub saat cedera. Sekarang dia mengakhiri karir yang mengesankan yang telah membuatnya bermain dengan klub besar seperti Ajax, Hamburg, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

“Saya harus berhenti sekarang. Saya di sini bukan untuk rehabilitasi, tetapi untuk bermain sepakbola,” kata Van der Vaart kepada De Telegraaf.

“Kesenangannya akan berbeda dan itulah yang saya inginkan. Saya ingin menjadi kakek sepakbola, tapi sayangnya bukan itu masalahnya,” sambungnya.

“Saat ini saya hanya bisa bersyukur selama bertahun-tahun saya diijinkan bermain sepakbola. Semua pemain, staf, dan penggemar dari ArenA, Volksparkstadion, White Hart Lane, dan Santiago Bernabeu, saya hanya memiliki rasa bahagia tentang itu. Itu adalah waktu yang luar biasa,” lanjutnya.

Van der Vaart memulai karir seniornya bersama Ajax pada tahun 2000. Setelah lima tahun di sana, dia hijrah ke Hamburg. Lalu pada 2008 dia hengkang ke Madrid dan 2010 pindah ke Spurs.

Kemudian pada 2010 Van der Vaart kembali ke Jerman. Setelah itu dia memperkuat Real Betis, Midtjyllan, dan berkahir di Esbjerg. VdV mengoleksi total 175 gol dan 116 assist dalam total 546 pertandingan sepanjang karirnya.

“Saya memenangkan hadiah dan bermain di banyak turnamen, baik dengan klub dan tim nasional Belanda dan secara individual. Selama bertahun-tahun saya bisa bermain sepakbola dan melawan begitu banyak pemain hebat di stadion paling indah. Saya tidak pernah berani memimpikan itu sebagai seorang anak muda. Terima kasih untuk semuanya,” tutup Van der Vaart.

 

Berita Terkait